Selasa, 22 Maret 2011

Teknik Budidaya Sengon : Mencari Lahan yang Cocok

Menentukan lahan mana yang cocok untuk budidaya perkebunan Sengon itu sangat penting. Karena, salah memilih lahan itu sama dengan membuang duit ke laut. Maka dari itu hati-hati dalam memilih lahan yang akan kita beli.
Yang perlu diperhatikan pertama kali adalah biasakan menanam Sengon di lahan milik sendiri. Lakukan pembebasan tanah. Kemudian kita tanam. Karena dengan lahan milik sendiri risiko direcoki orang lain menjadi kecil.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kandungan unsur hara di tanah itu. Pertanyaannya, bagaimana mengetahui satu tanah mempunyai kandungan unsur hara yang bagus?
Biasanya tanah yang mengandung unsur hara mempunyai ciri-ciri sebagai berikut; Tanah berwarna hitam, banyak tumbuhan yang hidup di atasnya segar dengan daun hijau. Dan bukan bekas tanah yang pernah ditanami Singkong. Untuk yang terakhir ini telisik sejarah tanah itu.
Apakah Sengon bisa hidup di rawa-rawa? tanah gambut? berpasir? berbatu dan tanah tandus atau gersang?
Secara prinsip kultur Sengon bisa tumbuh diberbagai macam jenis tanah. Sengon hanya akan terganggu atau mengalami pertumbuhan lambat kalau ditanam di rawa yang banyak airnya, lahan gambut dan tanah berbatu. Tapi Sengon akan tumbuh bagus di lahan kering dan tanah berpasir.
 Tentu sebagian besar Sengon kalau kita cermati hidup di lahan kering. Asal waktu penanamannya tepat, terutama saat musim hujan dan pemberian pupuk bagus, pertumbuhan Sengon akan bagus pula.
 Lalu apakah Sengon bisa bagus tumbuh di tanah datar? tanah berbukit landai atau tanah berbukit terjal? Sengon akan tumbuh bagus di bukit yang terjal. Semakin terjal semakin bagus. Tapi Sengon akan kalah pertumbuhannya di lahan yang relatif datar, jika digandingkan dengan tanah berbukit.
Memang, menanam Sengon di tebing terjal meningkatkan biaya produksi dan sedikit kesulitan ketika memanen. Akan tetapi hasil dari log tebangannya jauh  lebih mantap, akibat pertumbuhan yang cepat itu.
Mana yang tepat, menanam sengon di Jawa atau di luar Jawa? Sayangnya Sengon akan tumbuh bagus di Jawa. Banyak teman saya yang menanam Sengon di luar Jawa tidak bisa menghasilkan tebangan yang optimal. bahkan ada yang mengering ketika berumur 2 tahun.

Sebatas saran, buru lahan-lahan murah di Jawa. Untuk menanam Sengon tidak perlu lahan yang lokasinya di pinggir jalan, ada akses masuk dan sebagainya. Makin berbukit dan tidak ada akses mobil makin bagus. karena bisa memperkecil tingkat pencurian kayu.  Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar